Senin, 21 September 2020

  • » Uncategorized » Tata Cara Pengaduan
    Tata Cara Pengaduan

    PROSEDUR PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN

    YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI PENGADILAN TINGGI AGAMA MALUKU UTARA

    Cara Menyampaikan Pengaduan ke Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

    1. Secara lisan

    Masyarakat dapat datang langsung ke Meja Informasi di kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dengan alamat Jl. Raya Kilometer 40 Desa Balbar – Kec. Oba Utara, Sofifi

    1. Secara tertulis
      1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan, dalam hal ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui Fax. 0921-6121929, atau melalui pos ke alamat kantor diatas dan e-mail Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan : ptamalut@gmail.com
      2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.
      3. ke Nomor telpon pengaduan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara di 0921-6121929.
      4. atau bisa langsung melakukan pengaduan ke website https://siwas.mahkamahagung.go.id

    Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

    1. Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
    2. Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
    3. Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

    Alur Penanganan Pengaduan

     

    Pengadilan Agama sebagai Pengadilan Tingkat Pertama diberikan kewenangan sebatas menerima pengaduan dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

    Berdasarkan SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009, Pengadilan Tingkat Banding sebagai voorpost Mahkamah Agung RI diberik kewenangan menangani sendiri pengaduan masyarakat yang masuk, kecuali dalam beberapa hal Badan Pengawas Mahkamah Agung RI dapat mengambil alih apabila :

    1. Terlapor telah pindah tugas ke pengadilan lain yang berada di wilayah hukum di pengadilan tingkat banding yang lain;
    2. Pengaduan bersifat penting atau menarik perhatian masyarakat;
    3. Penanganan pengaduan yang dilaksanakan di pengadilan tingkat banding berlarut-larut

    Penanganan pengaduan saat ini mengakomodir pula hak-hak dari para pelapor seperti hak mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitas, mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun, mendapatkan informasi mengenai tahapan, penanganan pengaduan yang disampaikannya serta Pelapor berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

    Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap sistem pengaduan masyarakat, Mahkamah Agung menerbitkan brosur tentang informasi layanan pengaduan masyarakat dan prosedur penyampaian laporan pengaduan yang disebarluaskan melalui Pengadilan Tingkat Pertama maupun Pengadilan Tingkat Banding.

     Berita Sebelumnya
    Berita Selanjutnya 
    Terimakasih telah membaca Uncategorized - Tata Cara Pengaduan. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan Website Resmi PTA Malut. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
    Total Komentar    Belum Ada Komentar
    • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
    • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti