Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Bimtek Hakim Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara


www.pta-malut.go.id

Bertempat di Batik Hotel Ternate, Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara melaksanakan Bimbingan Teknis Hakim Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. Dengan mengusung tema “Dengan Bimbingan Teknis Hakim Kita Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Hakim Menuju Peradilan Yang Agung”. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 18 s/d 20 Mei 2015. Kegiatan BIMTEK Hakim ini merupakan agenda tahunan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dalam upaya melahirkan aparatur peradilan agama yang cakap serta berkompeten dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab. Acara ini diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan Hakim Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. Bertindak sebagai narasumber Dr. H. Hasbi Hasan, M.H Direktur Pembinaan Administrasi Ditjend Badilag MA.RI.

Berdasarkan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Fatimah Albaar, S.Ag.,M.H. yang juga sebagai Wakil Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara ini, peserta BIMTEK Hakim Tahun ini berjumlah 26 orang, namun 2 peserta tidak dapat mengikuti kegiatan karna ada kegiatan di luar daerah. Adapun kegiatan BIMTEK ini di biayai dari DIPA 04. Dalam BIMTEK Tahun ini akan lebih di fokuskan ke ekonomi syariah, sesuai dengan keahlian narasumber yang di

hadirkan. Tak lupa juga ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dr.H.Hasbi Hasan, M.H yang mana dalam kesibukan yang “super padat” beliau masih sempat memenuhi undangan dari Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara sebagai narasumber di BIMTEK Hakim.

Pesan Dari Pak DIRJEN Untuk Hakim Peradilan Agama

Dalam sambutannya Dr. H. Hasbi Hasan, M.H Direktur Pembinaan Administrasi Ditjend Badilag MA.RI. bahwa bertepatan dengan kegiatan BIMTEK Hakim, di hari yang sama juga Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof.Dr.H.Muhammad Hatta Ali,S.H.,M.H telah melantik 6 Ketua PTA/PA seluruh Indonesia, termasuk ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Dr. H.Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H yang di lantik sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Diakhir sambutannya, Beliau mengatakan ‘bahwa ada pesan langsung dari pak DIRJEN untuk hakim - hakim diseluruh Indonesia, Tolong hakim progress itu diproses dan diberi catatan hitam serta jangan diberi kesempatan untuk memimpin’. Setelah secara resmi membuka BIMTEK Hakim sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, dilanjutkan dengan pengisian materi Ekonomi Syariah di hari pertama BIMTEK.

Dr. H. Hasbi Hasan, M.H Direktur Pembinaan Administrasi Ditjend Badilag MA.RI Saat Memberi Sambutan Pada Pembukaan Kegiatan BIMTEK Hakim PTA Maluku Utara

 

Mengapa ada golongan yang meragukan Kompetensi Pengadilan Agama

Di awal penyampaian materi Dr. H. Hasbi Hasan, M.H Mengatakan bahwa sejak tahun 2006 kompetensi ekonomi syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun seiring dengan perkembangannya itu juga ada golongan yang meragukan kompetensi Pengadilan Agama. Kenapa sampai bisa terjadi ? Tanya beliau kepada para peserta BIMTEK. Adapun beberapa factor yang menyebabkan keraguan kompetensi Pengadilan Agama Karna :

  1. Aparat Peradilan Agama yang sebagian besar mempunyai background disiplin ilmu syariah dan hukum kurang memahami aktifitas ekonomi baik yang besifat mikro maupun makro, juga kegiatan di bidang usaha sektor riel, produksi, distribusi dan konsumsi.
  2. Aparat Peradilan Agama dianggap masih gagap terhadap kegiatan lembaga keuangan syariah sebagai pendukung kegiatan usaha sektor riel
  3. Pencitraan/ kurang bermutu/ rendah (inferioritas). Peradilan Agama selama ini dipandang hanya berkutat menangani masalah NCTR sulit dihapus, hal ini merupakan dampak dari kurangnya dukungan dari lembaga-lembaga terkait untuk mensososialisasikan UU No. 3 Tahun 2006.
  4. Sebagian besar kondisi gedung Kantor Pengadilan Agama dan sarana maupun prasarananya yang ada belum merepresentasikan sebagai lembaga yang mempunyai kewenangan mengadili para bankir dan para pelaku bisnis.
  5. Performace aparat peradilan yang kurang meyakinkan, terutama dari segi penampilan dan cara berpakaian mereka yang masih sangat sederhana
  6. Aparat peradilan terutama sebagian hakim yang masih gagap teknologi sehingga menjadi kendala tersendiri bagi mereka yang akan menyelesaikan sengketa ekonomi syariah

Dari beberapa point diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kegiatan BIMTEK Ekonomi Syariah seperti ini sangat perlu dilaksanakan, agar tercipta Aparat peradilan Agama yang bisa lebih berkompeten dan tidak gagap terhadap lembaga keuangan syariah serta teknologi sehingga dapat menyelesaikan sengketa ekonomi syariah.

Jalannya Pelaksanaan Bimtek

Kegiatan Bimtek PTA Maluku  Utara Tahun Anggaran 2015 terbilang berjalan sukses. Hal ini terlihat dengan lancarnya pelaksanaan kegiatan serta keaktifan para peserta yang mengikuti kegiatan. Penyampaian materi oleh pemateri juga lebih variatif dan komunikatif.

Tampak Antusias Peserta BIMTEK Hakim Dalam Mengikuti Materi Ekonomi Syariah Dengan Narasumber Dr. H. Hasbi Hasan, M.H

Panitia Memberikan Penghargaan kepada Peserta Terbaik I, II & III

Penilaian ini didasarkan pada tiga penilaian utama yaitu : 

  1. Menentukan peserta terbaik yakni  berdasarkan Pre-Test yang dilakukan oleh panitia saat pertama kali peserta masuk di sesi pertama kegiatan.
  2. Panitia memberikan penilaian kepada peserta berdasarkan kehadiran, keaktifan serta bagaimana peserta menjawab pertanyaan di dalam kelas.
  3. Berdasarkan pada hasil Post-Test yang dilakukan untuk mengukur perbedaan kapasitas serta pengetahuan peserta sebelum serta sesudah kegiatan dilaksanakan.

Pada Tahun ini peserta terbaik I,II dan III Jatuh kepada :

  1. Alamsyah, S.H.,M.H (Hakim PA Labuha)
  2. Amran Abbas, S.Ag (Hakim PA Ternate)
  3. Riana Ekawati, S.H.,M.H (Hakim PA Soasio)

Peserta Terbaik I,II dan III Berfoto Bersama dengan Wakil Ketua,Pansek dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Pesan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Sekaligus Menutup Kegiatan BIMTEK Hakim.

Sesaat sebelum menutup secara resmi kegiatan BIMTEK Hakim, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Drs. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang masuk di dalam nominasi peserta terbaik I,II dan III. Serta ucapan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara BIMTEK ini dengan sukses dan tidak ketinggalan juga pihak Batik Hotel Ternate yang mau bekerjasama sehingga BIMTEK Hakim ini berjalan dengan lancar. Tak lupa juga mohon maaf jika ada kata – kata yang menyakiti baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada seluruh peserta ‘Bahwa Hakim Bukanlah Corong Undang – Undang, Tapi Hakim Adalah Penjaga Amanat Undang – Undang dan Hakim PA Tidak Boleh Meninggalkan Hukum dan Jadilah Hakim Yang Responsif’

Semoga ilmu yang hanya sedikit ini bermanfaat dan bisa diterapkan di tempat tugas masing – masing. Selamat kembali ke pangkuan ibu pertiwi, canda beliau diakhir penutupan BIMTEK Hakim Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. Tri/pta_malut


2 Komentar

  1. Pengumuman
    Pengumuman
    15 Agustus 2017 - 14:34:53 WIB

    thanks for give me information here. http://goo.gl/R6ZDqb

  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 21:55:31 WIB

Tulis Komentar