Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Pembinaan Dan Evaluasi Kerja KPTA Maluku Utara


Untuk pertama kalinya, sejak menjabat sebagai KPTA. Maluku Utara “Drs.H. Abu Huraerah, S.H.,M.H.“ mengundang seluruh jajaran PTA. Maluku Utara dan para Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris PA. Sewilayah PTA. Maluku Utara pada acara Pembinaan dan Evaluasi Kerja, sebagaimana Surat undangannya Nomor W29-A/583/OT.01.1/VI/2015 tanggal 1 Juni 2015. Pelaksanaan pembinaan oleh KPTA. Maluku Utara bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2015 dimulai pukul 10.00. WIT s.d. selesai 15.30 WIT.

Dalam acara pembinaan, KPTA menyampaikan sosialisasi pembinaan dari para Pimpinan Mahkamah Agung RI dalam acara pelantikan Ketua-ketua Kamar 4 peradilan, sedangkan pada sesi evaluasi,setiap satker sewilayah PTA. Maluku Utara melaporkan pelaksanaan kerja mereka secara singkat dan hambatan apa saja yang ditemui dilapangan.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI yang harus disosialisasikan, Kata KPTA Maluku Utara, diantaranya terkait dengan pengawasan dan administrasi perkara bahwa : masih ada ketua tingkat banding yang kurang melakukan pembinaan dan pengawasan, masih terdapat pimpinan Pengadilanyang kurang tepat membagi tugas kepada pegawai. serta ditemukan berkas perkara yang hilang atau tercecer bahkan sampai bertahun-tahun lamanya.

Lanjut beliau, bahkan ada juga lembar register yang hilang atau disobek oleh petugas register, maka dari itu semua fungsi pengawasan sangat perlu ditingkatkan oleh para Ketua serta Hakim Pengawas Bidang di setiap satuan kerja. Selain itu juga adapun hasil pengawasan yang terlambat dikirim atau dilaporkan, mengakibatkan BAWAS MARI melakukan pengawasan ulang, dan ini menjadi penyakit dimana-mana, tegas beliau. Adapun pesan dari WAKA MA tentang masalah aktual sekarang ini, bahwa jika ada hakim yang dianggap berbahaya bagi institusi segera diberi sanksi non palu dan seharusnya dibina serta diberi pengarahan karna mereka di ibaratkan‘Negara dalam negara’.

Selain itu juga temuan BPK tentang biaya proses, KMA menegaskan bahwa Biaya proses harus dikelola dengan baik, dapat di pertanggung jawabkan dan jangan terjadi duplikasi pengeluaran, dan penekanan beliau untuk kita semua bahwa Untuk keberhasilan kita, kalau ada hakim/pegawai yang mengikuti BIMTEK harus disosialisasikan agar pengetahuan yang di dapat ditularkan kepada yang lain’ . maka dari itu pertemuan sangat penting dilakukan secara berkala per triwulan untuk membahas masalah dan kendala apa saja yang dihadapi. TeamIT/pta_malut


5 Komentar

  1. Manjakani Kanza Semarang
    Manjakani Kanza Semarang
    15 Januari 2016 - 17:30:48 WIB

    Senang berkunjung di website anda

  1. Obat Herbal Semarang
    Obat Herbal Semarang
    15 Januari 2016 - 17:42:35 WIB

    Salam sehat & sukses selalu

  1. Grosir Bandar Herbal
    Grosir Bandar Herbal
    15 Januari 2016 - 17:46:17 WIB

    Artikel yang menarik

  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 21:54:59 WIB

Tulis Komentar