Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

PTA. Maluku Utara Gelar BIMTEK Kepaniteraan


Bertempat di Aula PTA. Maluku Utara, Kamis tanggal 2 Juni 2016 Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara melaksanakan Bimbingan Teknis Panitera Pengganti Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. Dengan mengusung tema “Dengan Bimbingan Teknis Panitera Pengganti Kita Tingkatkan SDM Aparatur Peradilan Agama”. BIMTEK ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 2 s/d 4 Juni 2016.

Berdasarkan laporan Panitia BIMTEK Panitera Pengganti Fatimah Albaar, S.Ag.,M.H. yang juga sebagai Plt. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara ini, peserta BIMTEK Panitera Pengganti Tahun ini berjumlah 27 orang peserta

Dalam sambutannya KPTA Maluku Utara (Dr. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H) dari materi – materi nanti diharapkan kepada peserta dapat memahaminya dengan baik, demi terciptanya SDM yang handal dibidangnya, meningkatkan profesionalisme Aparatur Peradilan Agama demi terwujudnya Badan Peradilan Agama yang Agung sesuai dengan visi dan misi dari peradilan Agama itu sendiri.

Selain KPTA Maluku Utara (Dr. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H)  dan Wakil Ketua PTA. Maluku Utara (Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H) sebagai pemberi materi, ada  juga Hakim Tinggi PTA. Maluku Utara (Drs. H. Hasanuddin, S.H.,M.H) serta Hakim PA. Morotai di Tobelo (Sapuan, S.H.,M.H) yang juga Timnas Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Adapun materi yang diajarkan antara lain :

  1. Kebijakan Umum PTA. Maluku Utara
  2. Hukum Acara Perdata di Lingkungan Peradilan Agama
  3. Kedudukan, Tugas dan Fungsi Panitera
  4. Pola BINDALMIN Penerapan dan Pelaksanaannya
  5. Sosialisasi dan Implementasi SIPP
  6. Tehnik Pembuatan Berita Acara
  7. Praktek Pembuatan Berita Acara
  8. Kode Etik dan Pedoman Perilaku Panitera dan Jurusita

Kegiatan BIMTEK Kepaniteraan PTA. Maluku Utara terbilang berjalan sukses. Hal ini terlihat dengan lancarnya pelaksanaan kegiatan serta keaktifan para peserta yang mengikuti kegiatan. Penyampaian materi oleh pemateri juga  lebih variatif dan komunikatif

Pesan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Sekaligus Menutup Kegiatan BIMTEK Kepaniteraan.

Sesaat sebelum menutup secara resmi kegiatan BIMTEK Kepaniteraan, Wakil Ketua PTA. Maluku Utara (Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H) menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang dari awal hingga penutupan BIMTEK masih tetap mengikuti. Serta ucapan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara BIMTEK ini dengan sukses. Tak lupa juga mohon maaf jika ada kata – kata yang menyakiti baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan pesan dan harapan pimpinan PTA. Maluku Utara kepada seluruh peserta BIMTEK bahwa agar bahan/materi yang diperoleh supaya dibaca dan dipahami dan ilmu yang telah diperoleh di BIMTEK diterapkan di Satker masing-masing, lanjut beliau selalu up to date aturan dan kebijakan MA, baca SEMA, PERMA dan SK KMA sekaligus tugas-tugas yang berkaitan dengan kepaniteraan dan Teknis Yudisial. (Tri/foto.aloed/pta_malut)


3 Komentar

  1. Pengobatan Rematik Secara Tradisional
    Pengobatan Rematik Secara Tradisional
    13 Desember 2016 - 07:33:24 WIB
  1. Obat Herbal Ayan Epilepsi
    Obat Herbal Ayan Epilepsi
    13 Desember 2016 - 11:14:50 WIB
  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 21:36:07 WIB

Tulis Komentar