Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

KPTA Maluku Utara Sukses Sebagai IRUP Pada Peringatan Hari Jadi MA RI Ke 71 Di Ternate


Hari jadi Mahkamah Agung RI ke-71 pada tanggal 19 Agustus 2016 dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Ternate. Peserta upacara terdiri dari unsur pimpinan, para hakim, pejabat kepaniteraan, kesekretariatan, karyawan-karyawati serta pengurus Dharmayukti Karini dari 4 satuan kerja (PT. Maluku Utara, PTA. Maluku Utara, PN dan PA Ternate dan Soa Sio), Satker lainnya tidak bergabung, tapi melaksanakan upacara di wilayahnya masing-masing karena kesulitan transportasi yang jauh lewat laut.

 

Bertindak sebagai IRUP pada acara peringatan hari jadi tersebut adalah KPTA Maluku Utara (Dr. H. Abu Huraerah, SH., MH) sesuai keputusan rapat panitia. Tema amanat adalah : PENGUATAN AKUNTABILITAS PENGADILAN DALAM RANGKA MENGAPAI KEMBALI KEPERCAYAAN PUBLIK. Nampak sepanjang amanat dengan penuh antusias dan perhatian para peserta upacara mengikuti jalannya upacara dan amanat. Para peserta menilai IRUP sukses dalam menyampaikan amanah Ketua MA RI. Dalam amanat tersebut antara lain disebutkan pentingnya mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan dan sebagai upaya untuk itu antara lain dikeluarkan paket  kebijakan dibidang pengawasan dengan Perma No. 8 dan No. 9 tahun 2016, selain itu diterbitkan pula Perma No. 7 tahun 2016 tentang penegakkan disiplin kerja hakim. Dalam amanat dititipkan ada 2 (dua) pesan untuk dijaga oleh segenap lembaga peradilan dan aparaturnya yaitu :

  1. Segenap aparatur peradilan mampu menjaga perilaku;
  2. Pengadilan Tingkat Banding dapat melakukan tugasnya menjadi kawal depan (Voorpost) Mahkamah Agung dalam menerapkan dan mengawasi kebijakan.

Hal terakhir ini akan lebih efisien dan efektif, terutama dengan adanya pemekaran organisasi di tingkat pertama dan tingkat banding, yaitu pemisahan kepaniteraan dan kesekretariatan sehingga dapat lebih fokus dalam kinerja, termasuk upaya pengawasannya.

 

Usai upacara dilanjutkan dengan acara ramah tama, yang pelaksanaannya secara kekeluargaan penuh keakraban, antara lingkungan peradilan umum dan peradilan agama membaur laksana keluarga. Sepertinya masih dalam suasana halal bihalal usai lebaran yang sudah lama berlalu. (Tri/foto.erde/pta_malut)


31 Komentar

  1. Obat Asam Urat Herbal
    Obat Asam Urat Herbal
    28 September 2016 - 16:13:31 WIB
  1. Pengobatan Eksim Terbaik
    Pengobatan Eksim Terbaik
    04 Oktober 2016 - 07:16:28 WIB
  1. Cara Mengobati Sinusitis Dengan Aman
    Cara Mengobati Sinusitis Dengan Aman
    07 Oktober 2016 - 15:48:13 WIB
  1. Obat Herbal Infeksi Paru Paru Terbaik
    Obat Herbal Infeksi Paru Paru Terbaik
    24 Oktober 2016 - 10:04:39 WIB

Tulis Komentar