Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

KPTA Maluku Utara Raih Gelar Doktor


Setelah 2 tahun 3 bulan bergelut mengejar mimpinya di Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Ketua PTA Maluku Utara, Drs. H. Bahrudin Muhammad, SH. MH akhirnya berhasil meraih gelar doktor dengan nilai terakhir 3,93 dan yudisium sangat memuaskan setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “ Pergeseran Persamaan Derajat hak Waris Anak Luar Perkawinan dalam Putusan Mahkamah Konstitusi  nomor 46/PUU-VII/2010 dalam  ujian terbuka pada Senin, 25/11/2013 di ruang auditorium Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Di hadapan 8 penguji, masing-masing : Prof. Dr. Thohir Luth, MA (promotor), Dr. Abd. Rahmat Budiono, SH, MS (Ko.Promotor 1), Dr, Jazim Hamidi, SH, MH (Ko. Promotor 2), Dr. Sihabuddin, SH, MH (penguji 1), Prof. Dr. SUdarsono, SH, MS (penguji 2), Drs. Rahmat Syafaat, SH, MSi (penguji 3), Dr. Iwan Rahmadi, SE, SH, M.hum (penguji 4), Prof. Dr. H. Hafidz Anshari, M.A  (penguji tamu dari IAIN Antarasi Banjarmasin,  Bahrudin menjawab semua pertanyan dengan mudah.

Bahrudin Muhammad, kakek dari 3 cucu ini adalah Doktor Ilmu Hukum ke 194 pada Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, dan termasuk mahasiswa S3 tercepat dengan waktu tempuh 2 tahun 3 bulan.

Ikut hadir memberikan support dan menyaksikan jalannya ujian terbuka tersebut  Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH bersama isteri, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Dr. Hasbi Hasan, MH,  hadir pula wakil Ketua dan para hakim tinggi PTA Maluku Utara, para ketua dan Pansek  PA se wilayah PTA Maluku Utara, beberapa Ketua PA di wilayah PTA Banjarmasin dan Samarinda, juga Ketua PA Ambon dan Bajawa, para hakim PA Malang, keluarga besar Banjarmasin dan kolega serta teman mahasiswa Bahruddin.

Ketua Kamar Peradilan Agama dalam sambutannya di hadapan para penguji usai yudisium, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Bahruddin yang dengan kesibukan serta dalam usia yang sudah tua masih berhasrat menuntut ilmu dan memberikan tauladan kepada bawahannya. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Universitas Brawijaya khususnya Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum yang telah memberikan ilmu dan mendidik Hakim-hakim dibawah Mahkamah Agung RI, termasuk promovendus. “Ini adalah doktor I di wilayah PTA Maluku Utara, dan saya berharap akan menyusul doktor-doktor berikutnya dari PTA Maluku Utara”, harap Andi.

Apresiasi yang sama juga disampaikan promotor Prof.Dr. Thohir Luth, MA dan dekan Fakultas Hukum, Dr. Sihabuddin, SH, MH serta para penguji. Menurut mereka, promovendus selama menempuh pendidikan selalu disiplin dan sangat tekun. “Sekalipun sebagai ketua Pengadilan Tingkat Banding tetapi, Baharudin selalu memposisikan diri di hadapan para dosen serta teman sejawat sebagai mahasiswa yang haus akan ilmu”, aku Thohir Luth.

Berbagai karangan bunga ucapan selamat datang dari berbagai pihak memenuhi halaman depan area gedung tempat ujian dilaksanakan. Ucapan tersebut tidak hanya dari keluarga besar PA se wilayah PTA Maluku Utara, tetapi juga dari Pemerintah Propinsi Maluku Utara, Universitas Khairun Ternate, PTA Ambon, PTA Banjarmasin, PTA Palangkaraya, PTA Samarinda, PTA Surabaya, beberapa PA di wilayah PTA Surabaya dan masih banyak lagi.


1 Komentar

  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 22:07:10 WIB

Tulis Komentar