Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

PTA Malut Gelar Sosialisasi JDIH dan SIADPTA


Sofifi, 16 Juni 2014. Di aula Pengadilan TInggi Agama Maluku Utara, diadakan sosialisasi 2 (dua) kegiatan yang telah dilaksanakan di tempat dan waktu yang berbeda yaitu kegiatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang diikuti oleh Hj. Aisyah Hi. Malik, SH. Dan Idham Payapo, SH. Di Jakarta tanggal 12 – 14 Mei 2014. dan Bimtek SIADPTA yang diikuti oleh Mira Buamona, S.Kom di Banten tanggal 2 – 6 Juni 2014.

Sosialisasi 2 (dua) kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH., MH. Beliau mengharapkan dengan sosialisasi ini para peserta dapat menyerap materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan kemudian dapat menerapkan dan menumbuh kembangkannya, sehingga langkah menuju perbaikan dan perkembangan pengadilan yang modern dapat diterapkan di Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara.

Idham Payapo, SH. Mengungkapkan bahwa di era teknologi sekarang ini, langkah konvensional dimulai secara bertahap kita tinggalkan, kita mulai menuju era digitalisasi dan memanfaatkan sistem jaringan teknologi informasi. di setiap satuan kerja Pengadilan sebagaimana telah dimulai di Mahkamah Agung sendiri berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 033A/KMA/SK/II/2012 tentang Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di lingkungan Mahkamah Agung dan 4 (empat) lingkungan Peradilan akan dibentuk Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang kelak dapat saling terkoneksi baik sesama satker Pengadilan dengan Mahkamah Agung maupun dengan institusi-institusi pemerintah lainnya.

Bimtek SIADPTA yang dilaksanakan di Banten kali ini diharapkan akan menciptakan keterampilan para penyelenggara bindalmin di pengadilan agama tingkat banding serta mewujudkan seluas-luasnya akses informasi terhadap perkara yang ditanganinya. Selama 5 hari materi difokuskan terhadap pola bindalmin tingkat banding dan aplikasi SIADPTA baru. Selain itu dibahas juga tentang aplikasi posbakum, sidang keliling, dan prodeo.


1 Komentar

  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 22:04:22 WIB

Tulis Komentar