Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Pelantikan Wakil Ketua PTA. Maluku Utara


Sofifi I www.pta-malut.go.id

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara “Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., pada hari Selasa tanggal 13 Januari 2015 Miladiyah bertepatan dengan tanggal 22 Rabiul Awal 1436 Hijiriyah, melantik Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara yang baru “Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H., M.H.,” yang sebelumnya menjabat sebagai hakim tinggi PengadilanTinggi Agama Jakarta,berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 184/KMA/SK/XI/2014, tentang Mutasi dan Promosi Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syar’iyah Aceh, tanggal 21 November 2014.

Acara pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan dihadiri oleh seluruh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan para tamu undangan dari Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, yakni para Ketua, Wakil Ketua, hakim dan Panitera/Sekretaris. dalam kesempatan ini juga turut hadir Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H.

Prosesi acara pelantikan dimulai dari pembacaan Kalam Ilahi oleh Nirwani Kotu, S.H.I., staf kepegawaian, pembacaan Surat Keputusan oleh Ahmad Saman, S.H.I.,Kasubag Kepegawaian, setelah dilantik dilanjutkan dgn pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh Wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Yang Baru Saja dilantik, sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan pembacaan doa oleh Hakim Tinggi PTA. Maluku Utara “Drs. H. As’ad Faqih, S.H.   

Selanjutnya sebagai Saksi adalah hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, masing-masing : Drs. H. Syamsuddin Ahmad, S.H., M.H., dan Drs. H. A. Fatoni Iskandar, S.H., M.H., dan Rohaniwan adalah Saleh Tihurua, S. Sy., M.H., Panitera Muda Hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara.

Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Drs. H. Maslihan Saifurrozi S.H.,M.H

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara menyampaikan :visi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara adalah ” mewujudkan Badan Peradilan Agama yang Agung di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, dengan 4 (empat) misinya :

1.Mewujudkan Kemandirian Badan Peradilan Agama

  1. Memberikan Pelayan Hukum yang Berkualiatas bagi para Pencari Keadilan
  2. Meningkatkan Kepemimpinan Badan Peradilan Agama
  3. Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi Badan Peradilan Agama

Serta 7 (tujuh) program prioritasnya :

  1. Penyelesaian perkara
  2. Manajemen sumber daya manusia
  3. Pengelolaan website
  4. Pelayanan publik dan meja informasi
  5. Implementasi SIADPA
  6. Pengawasan
  7. Justice for all

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama mengatakan bahwa pada Tahun 2014 yang lalu Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara telah melaksanakan visi, misi dan program prioritas tersebut di atas dan cukup banyak membuat kebijakan fundamental yang bertujuan untuk membuka pintu lebih luas bagi akses masyarakat terhadap keadilan yang lebih cepat, sederhana dan biaya ringan. Hal ini pastinya akan lebih memberikan kemudahan bag imasyarakat, seraya menghindari kritikan masyarakat akibat proses persidangan yang sering di tuding tidak professional. Sistem penanganan perkara yang berbasis tekhnologi, yang mampu membuat suatu system yang transparan, akuntabel, terukur sampai ke elemen paling kecil dan mampu menghindari tantangan dalam tugas.

Selain itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara menambahkan : “ bahwa Bapak. Drs. H. Maslihan Saifurozzi, S.H., M.H., yang baru saja di lantik menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, sebelumnya adalah Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, kami Pengadilan Tinggi Agama Maluku utara mendambakan kehadirannya, curahan ilmu dan buah karya yang di dedikasikan. Harapan masyarakat dan khusus para Hakim dan Pegawai di Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, oleh karena itu dedikasi dan pengabdian mewujudkan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara menjadi Peradilan moderen dan Peradilan yang Agung sangat di harapkan. Janganlah ragu berbuat untuk kebaikan dan janganlah segan melarang apabila didapat hal yang menjerumuskan kepada yang jelek/busuk. Binalah aparat Peradilan dengan penuh keikhlasan dan jagalah martabatnya.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H

Tugas Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara selain tugas perkara menerima, memutus, mengadili dan menyelesaiakan perkara, juga sebagai tugas kordinator Pembinaan dan pengawasan. Laksanakanlah pembinaan dan pengawasan agar Peradilan Agama terlaksana dengan sewajarnya dan sebagaimana mestinya.Keaktifannya berarti melibatkan empati, nilai-nilai dan keberanian. (Team IT / pta_malut)

 


1 Komentar

  1. zuhud
    zuhud
    24 Agustus 2017 - 21:57:01 WIB

Tulis Komentar