banner PTA FIX banget2

Program Prioritas Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 5 (Lima) program prioritas Tahun 2024
Program Prioritas Badilag

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

logo jadwal sidang

 

 

logo SIPP

 

 

 

logo direktori putusan

 

 

 

logo biaya perkara

 

.

 

 

Logo Aplikasi Binwas

Logo Aplikasi SIO

Logo Aplikasi SIP

 

 

 

 

 

Logo Aplikasi e tamu

 

Written by Super User on . Hits: 468

EMPAT JENIS HIDAYAH ALLAH SWT KEPADA MANUSIA

Oleh H.A. Zahri, S.H, M.HI
(Waka PA. Banyuwangi)

Syekh Musthafa Al Maraghi, dalam tafsirnya Al Maraghi, ketika beliau menafsirkan ayat 6 Surat Al Fatihah :اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ( tunjukkan kami ke jalan yang lurus), beliau mengemukakan bahwa:

هداية الله للانسان علي ضروب: هداية الهام, هداية حواس, هداية العقل ,هدايةالاديان وشرائع

Hidayah Allah Swt kepada manusia ada 4 (empat) macam: hidayah ilham((هداية الإلهام, hidayah hawas ((هداية الحواس, hidayah akal (هداية العقل) serta hidayah agama dan syariat (هداية الأديان والشرائع).

1. Hidayah Ilham/Instinc/naluri

Naluri, dalam bahasa Inggris disebut instinct dan dalam bahasa Arab disebut gharizah (غَرِيزَةِ) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan antara lain dorongan hati atau nafsu yang dibawa sejak lahir; pembawaan alami yang tidak disadari mendorong untuk berbuat sesuatu (umum);

Sementara alamiah sering diartikan suatu keadaan tanpa dipacu dan didorong, berjalan apa adanya. Kemudian naluri alamiah dapat didefinisikan suatu dorongan hati atau nafsu untuk berbuat sesuatu yang merupakan pembawaan alami, tidak disadari atau dipelajari oleh mahluk, semata-mata anugerah dari Allah Sang Pencipta. Naluri ini terdapat pada manusia maupun hewan; seorang ibu pasti memiliki kasih sayang dan ikatan batin dengan anaknya, sepasang kekasih pasti akan melakukan hubungan mesra meskipun mereka tidak pernah mempelajarinya, seekor induk ayam akan melindungi anaknya, dan seterusnya.


Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Jl. Raya Sultan Nuku, Desa Balbar, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Telp: 0921-6121954

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara © 2023