banner_PTA FIX banget.png

Program Prioritas Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 4 (Empat) program prioritas Tahun 2023
Program Prioritas Badilag

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

logo jadwal sidang

 

 

logo SIPP

 

 

 

logo direktori putusan

 

 

 

logo biaya perkara

 

.

 

 

Logo Aplikasi Binwas

Logo Aplikasi SIO

Logo Aplikasi SIP

 

 

 

 

 

Logo Aplikasi e tamu

 

Written by Super User on . Hits: 394

PEMBINAAN ROHANI OLEH YM. KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA MALUKU UTARA (BAPAK. DR. ABD. HAKIM, M.H.I,) DI AULA KANTOR   PTA.MALUT.                          


Pembinaan Rohani oleh YM. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara ( DR. Abd. Hakim, M.H.I)  di Ruang Aula Kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara pada  hari Senin tanggal 11 April  2022 jam 08.30 WIT, didampingi oleh Wakil Ketua PTA Maluku Utara, Bapak Drs. H. Tarsi, S.H, M.H.I , Panitera dan Sekretaris PTA. Maluku Utara dan dihadiri oleh  para Hakim Tinggi, pejabat kepaniteraan dan  kesekretariatan serta seluruh pelaksana dan PPNPN Pengadilan  Tinggi  Agama Maluku Utara.

 

Dalam pembinaan Ketua  PTA.Malut.  Tersebut menekankan betapa pentingnya setiap kegiatan / amalan bagi seseorang harus disertai dengan demensi spiritualitas/Agama sebagai landasan yang membawa efek positif terhadap setiap prilaku bagi seorang Pegawai ataupun pejabat termasuk ASN dan Pejabat di lingkungan PTA. Malut. Karena itudengan momen bulan suci ramadhon Tahun 1443 H ini, diharapkan kepada kita semua agar dapat memahami nilai nilai yang terkandung dalam bulan suci ramadhon, dimana pada  bulan ramadhon ini Allah swt. telah menurunkan Al-quran sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran  surat  al-baqarah ayat 184, yang artinya : “ Pada  bulan Ramadhon kami telah turunkan Al-qurans ebagai petunjuk bagimanusia dan  menjelaskan petunjuk petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang bathil” selanjutnya Rasulullah saw. menyatakan bahwa “barangsiapa yang berpuasa pada bulan ramadhon dengan penuh keimanan dan penuh perhitungan maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang lalu”.  Selanjutnya Ketua PTA. Malut menguraikan pengertian  lain dari bulan ramadhon sebagai berikut :

  1. Bulan Ramadhon sebagai bulan“ syahrulintihan” yakni bulan yang didalamnya penuh dengan pembinaan dan  pelatihan.
  2. Bulan Ramadhon sebagai bulan“ Syahrul ibadah yakni bulan yang didalamnya penuh dengan ibadah yang dilipat gandakan pahalanya oleh Allah swt.
  3. Bulan Ramadhon sebagai bulan “Syarulmubarakoh” yakni bulan yang  penuh dengan keberkahan dari Allah swt. yaitu segala sesuatu yang memenuhi unsur :‘ al manfaat’ ( kemanfaatan), ajjiyadah ( tambahnilai), as saadah ( penuh dengan kesenangan dan kegembiraan.

Penanaman nilai-nilai spiritual  tersebut dilakukan juga dalam rangka kegiatan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara sebagai pembekalan dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan keagamaan pada lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara sebagai akibat dari perkembangan zaman dan Teknologi Informasi dalam rangka mewujudkan peradilan yang modern  yang berbasis agama khususnya Ajaran Islam dengan membangun Komitmen Bersama, Peningkatan Kedisiplinan dan  perubahan mindset.

Pembinaan tersebut disampaikan kepada para Hakim dan para pejabat di lingkunganPengadilan Tinggi Maluku Utara serta para  pegawai, agar semuanya dapat menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman dengan tidak melupakan nilai nilai ajaran agama yang mendukung tugas tugas pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dalam melayani masyarakat pencari keadilan.

Demikianlah pokok-pokok pembinaan yang disampaikan oleh Bapak KetuaPengadilan Tinggi Agama Maluku Utarayang ditutup dengan ucapan terima kasih atas perhatiannya wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Jl. Raya Sultan Nuku, Desa Balbar, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Telp: 0921-6121954

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara © 2023