banner_PTA FIX banget.png

Program Prioritas Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 4 (Empat) program prioritas Tahun 2023
Program Prioritas Badilag

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

logo jadwal sidang

 

 

logo SIPP

 

 

 

logo direktori putusan

 

 

 

logo biaya perkara

 

.

 

 

Logo Aplikasi Binwas

Logo Aplikasi SIO

Logo Aplikasi SIP

 

 

 

 

 

Logo Aplikasi e tamu

 

Written by Super User on . Hits: 93

Tausiyah Ramadhan PTA Maluku Utara 1445 Hijriah

WhatsApp Image 2024-03-18 at 8.39.53 AM.jpeg

SOFIFI - Dalam rangka menyemarakkan kegiatan di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, PTA Maluku Utara menyelenggarakan Tausiyah Ramadhan PTA Maluku Utara yang dibuka oleh Ketua PTA Maluku Utara Drs. H. Nur Khazim, M.H didampingi oleh Panitera PTA Maluku Utara H. Jainudin Zaman, S.H, M.H selaku moderator dan Sekretaris PTA Maluku Utara Ismail Difinubun, S.Ag, M.H, pelaksanaan Tausiyah Ramadhan tersebut dihadiri oleh para Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf Pelaksana, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di Ruang Aula Lantai 2, Senin 18 Maret 2024.

WhatsApp Image 2024-03-18 at 8.39.51 AM.jpeg

Acara dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Hakim Tinggi PTA Maluku Utara Drs. H. Moh. Syafruddin, M.H dan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah dengan tema kajian puasa oleh Hakim Tinggi PTA Maluku Utara Drs. Mubisi, M.H, dalam kesempatan ini beliau menyampaikan perintah tentang berpuasa sebagaimana telah dijelaskan dalam Surat Al Baqarah Ayat 183 yang berbunyi "Ya Ayyuhalladzina amanu kutiba 'alaikumush-shiyamu kama kutiba 'alalladzina ming qablikum la'allakum tattaqun", yang artinya adalah Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Dari ayat ini bisa dipahami bahwa kita diperintahkan dan diwajibkan untuk melaksanakan puasa sebagaimana pada orang-orang sebelum kamu agar bertaqwa, dari perintah puasa tersebut tujuannya banyak sekali agar menjadi orang yang taqwa karena dengan bertaqwa hidupnya akan ada kemudahan-kemudahan dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Dari perintah berpuasa juga memiliki manfaat keseimbangan diantaranya adalah orang yang berpuasa dapat menjadi disiplin karena selama 30 hari berpuasa dapat selalu disiplin dalam menghargai waktu untuk menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar sampai turunnya matahari yaitu waktu maghrib, hikmah sabar dalam berpuasa kita diuji untuk menjaga hawa nafsu kita, serta mendapatkan hikmah sehat baik sehat jasmani maupun sehat rohani.

WhatsApp Image 2024-03-18 at 8.41.09 AM.jpeg

Seusai pemaparan tausyiah Ramadhan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Ketua PTA Maluku Utara Drs. H. Nur Khazim, M.H bahwa bulan puasa ini jangan dipersepsikan untuk kurang bersemangat dalam melaksanakan beraktifitas justru harus lebih giat lagi dan lebih rajin lagi dalam melaksanakan tugas dan kegiatan, beliau berharap kepada seluruh aparatur pegawai untuk dapat mewujudkan suasana Ramadhan ini jadi lebih hidup dengan mendengarkan tausyiah dan membaca Tadarus Al-Quran. Salah satu keutamaan Bulan suci Ramadan dalam sabda Rasulullah SAW adalah pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, oleh sebab itu kita perlu memperbanyak amal ibadah di Bulan Ramadan ini sehingga kita bisa membuka pintu surga, kalo kita bisa membuka pintu surga berarti otomatis kita dapat menutup pintu neraka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

Jl. Raya Sultan Nuku, Desa Balbar, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Telp: 0921-6121954

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara © 2023